Kenali Beda Antiseptik dan Desinfektan

PIK-Ciamis-Untuk mencegah penularan, permukaan tangan harus dibersihkan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Jika terpaksa tak ada akses air, Anda bisa menggantinya dengan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer yang mengandung antiseptik. Sedangkan untuk benda mati, Anda bisa menggunakan desinfektan.

Meski sama-sama untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme, antiseptik dan desinfektan memiliki fungsi juga takaran kandungan zat kimia yang berbeda. Namun begitu sebagian orang memang kerap menggunakan dua istilah itu secara bergantian. Dan kebiasaan ini seringkali menambah kebingungan untuk membedakan keduanya dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari Health Line, perbedaan mendasar keduanya ada pada penggunaannya. Antiseptik dipakai untuk tubuh, sementara desinfektan pada benda tak hidup seperti pegangan pintu, komputer atau meja

Baik antiseptik maupun desinfektan memiliki kandungan kimia yang sering dikenal dengan biosida. Hidrogen peroksida adalah contoh bahan umum dalam keduanya. Tapi antiseptik biasanya mengandung konsentrasi yang lebih rendah dibanding desinfektan.

Cara kerja antiseptik membunuh mikroorganisme, pertama melalui oksidasi dengan lemak dalam sel sehingga mikroorganisme langsung pecah dan mati. Atau dapat pula dengan langsung menyerang sitoplasma sehingga langsung merusak sel mikroorganisme.

Sedangkan desinfektan, kata Erlina, zat kimia yang digunakan membunuh mikroorganisme pada benda mati.

Menggunakan sabun atau hand sanitizer mengandung antiseptik penting untuk membunuh mikroorganisme … Sementara desinfektan untuk benda mati,(DY)

PIK CO_VID19

KABUPATEN CIAMIS

KONTAK

PHONE:

+6285314493901

WEBSITE:

http://picovid19.ciamiskab.go.id/

EMAIL: covidciamis@gmail.com